BERADA BERSAMA YESUS

(Bacaan Injil Misa Kudus, Hari Biasa Pekan Biasa XXIII – Selasa, 9 September 2014)

YESUS MENGAJAR - HE WAS THE TEACHERPada hari-hari itu pergilah Yesus ke bukit untuk berdoa dan semalam-malaman Ia berdoa kepada Allah. Ketika hari siang, Ia memanggil murid-murid-Nya kepada-Nya, lalu memilih dari antara mereka dua belas orang, yang disebut-Nya rasul: Simon yang juga diberi-Nya nama Petrus, dan Andreas saudaranya, Yakobus dan Yohanes, Filipus dan Bartolomeus, Matius dan Tomas, Yakobus anak Alfeus, dan Simon yang disebut orang Zelot, Yudas anak Yakobus, dan Yudas Iskariot yang kemudian menjadi pengkhianat.

Lalu Ia turun dengan mereka dan berhenti pada suatu tempat yang datar: Di situ berkumpul sejumlah besar dari murid-murid-Nya dan banyak orang lain yang datang dari seluruh Yudea dan dari Yerusalem dan dari daerah pantai Tirus dan Sidon. Mereka datang untuk mendengarkan Dia dan untuk disembuhkan. Semua orang banyak itu berusaha menyentuh Dia, karena ada kuasa yang keluar dari Dia dan menyembuhkan semua orang itu. (Luk 6:12-19)

Bacaan Pertama: 1Kor 6:1-11; Mazmur Tanggapan: Mzm 149:1-6,9

Di bawah panas terik matahari orang banyak berkumpul pada suatu tempat yang datar untuk mendengar pengajaran dari sang rabi-keliling asal Nazaret itu. Waktu berjalan terus, namun orang-orang itu seakan mengabaikan rasa lapar dan lelah mereka. Mereka terus saja mendengarkan dengan penuh perhatian suara yang lemah lembut namun penuh kuat-kuasa dari sang rabi, menggema dari bukit-bukit yang dekat – dan “berkumandang” di dalam hati mereka.

Apabila anda membayangkan diri anda berada di tengah orang banyak yang berkerumun di sekeliling Yesus, apakah yang akan anda lihat? Apakah yang akan anda lihat, yang anda rasakan? Gambarkanlah tanah dataran di mana anda berada. Gambarkanlah bagaimana Yesus itu. Kelihatan seperti apa dan siapa Yesus itu? Bagaimana anda bereaksi ketika anda melihat Dia turun dari bukit dan berjalan menuju anda? Ketika Dia melewati anda, apakah anda mengatakan sesuatu kepada-Nya? Apakah kedua mata anda bertemu dengan kedua mata-Nya, atau anda menghindari pandangan-Nya? Apakah anda mencoba untuk menyembunyikan diri di tengah kerumunan orang banyak? Mungkin anda adalah salah seorang dari orang banyak yang mendesak untuk mendekati Yesus, berusaha keras untuk menyentuh-Nya. Apakah yang ada di dalam pikiran anda ketika anda menyaksikan Dia menyembuhkan orang-orang sakit dan mengusir roh-roh jahat yang merasuki orang-orang?

YESUS KRISTUS - 11Melihat berlangsungnya episode Injil ini dalam imajinasi anda dan secara mental menempatkan diri anda ke dalam tindakan dapat menjadi sebuah cara yang sangat menolong anda untuk menjadi dekat dengan Yesus dan memberi tanggapan terhadap sapaan-Nya. Untuk banyak orang yang telah mencoba ini, bentuk meditasi dalam suasana doa seperti ini telah memberikan wawasan-wawasan baru terhadap teks Kitab Suci dan malah memimpin kepada suatu pemahaman baru tentang Yesus sebagai seseorang yang hadir bagi kita masing-masing, di sini dan sekarang.

Baiklah anda sekarang mencoba untuk melakukan kegiatan ini. Kiranya anda tidak perlu memiliki imajinasi yang paling hidup di dunia ini atau mengetahui banyak hal mendetil tentang kondisi tanah Palestina pada abad pertama. Anda dapat memulainya secara sederhana dengan kerangka dalam bacaan Injil dan mengisinya dengan tambahan anda sendiri. Hal yang penting adalah untuk berada bersama Yesus, mengamati-Nya dan kemudian berinteraksi dengan Dia.

Baiklah anda mengambil waktu secukupnya untuk membaca kembali bacaan Injil hari ini, lalu perkenankanlah Roh Kudus dan imajinasi anda membimbing anda sepanjang cerita yang ada dalam bacaan tersebut. Biarkanlah tokoh-tokoh dalam cerita itu menjadi hidup dalam pikiran anda. Perkenankanlah diri anda untuk berjumpa dengan Yesus selagi Dia berjalan ke sana ke mari untuk melayani orang banyak – dan melayani anda! Dengan mata anda yang tertutup untuk dunia dan hati anda yang terbuka bagi Allah, maka anda tidak pernah akan tahu berkat-berkat apa yang dianugerahkan Allah kepada anda.

DOA: Tuhan, utuslah Roh-Mu untuk membimbingku selagi aku berupaya untuk menjadi semakin dekat dengan diri-Mu dalam doa. Penuhilah pikiranku dengan kehadiran-Mu. Segarkanlah kembali imanku dan buatlah sabda agar senantiasa baru dan hidup bagiku. Amin.

Catatan: Untuk mendalami Bacaan Injil hari ini (Luk 6:12-19), bacalah tulisan yang berjudul “KEGIATAN YANG TIDAK DAPAT DIPISAHKAN DARI HIDUP YESUS” (bacaan tanggal 9-9-14) dalam situs/blog PAX ET BONUM http://catatanseorangofs.wordpress.com; kategori: 14-09 PERMENUNGAN ALKITABIAH SEPTEMBER 2014.

Cilandak, 4 September 2014 [Peringatan S. Rosa dr Viterbo, Perawan – OFS]

Sdr. F.X. Indrapradja, OFS