UNTUK MENJAGA ENGKAU DI SEGALA JALANMU

(Bacaan Mazmur Misa Kudus, Pesta Para Malaikat Pelindung – Kamis, 2 Oktober 2014)

GuardianAngelWatchingOverThem

Orang yang duduk dalam lindungan Yang Mahatinggi dan bermalam dalam naungan Yang Mahakuasa akan berkata kepada TUHAN: “Tempat perlindunganku dan kubu pertahananku, Allahku, yang kupercayai.”
Sungguh, Dialah yang akan melepaskan engkau dari jerat perangkap burung, dari penyakit sampar yang busuk.
Dengan kepak-Nya Ia akan melindungi engkau, di bawah sayap-Nya engkau akan berlindung, kesetiaan-Nya ialah perisai dan pagar tembok.
Engkau tak usah takut terhadap kedahsyatan malam, terhadap panah yang terbang di waktu siang,
terhadap penyakit sampar yang berjalan di dalam gelap, terhadap penyakit menular yang mengamuk di waktu petang.
Sebab TUHAN ialah tempat perlindunganmu, malapetaka tidak akan menimpa kamu, dan tulah tidak akan mendekat kepada kemahmu;
sebab malaikat-malaikat-Nya akan diperintahkan-Nya kepadamu untuk menjaga engkau di segala jalanmu. (Mzm 91:1-6,10-11)

Bacaan Pertama: Kel 23:20-23; Bacaan Injil: Mat 18:1-5,10

“Sebab TUHAN ialah tempat perlindunganmu, malapetaka tidak akan menimpa kamu, dan tulah tidak akan mendekat kepada kemahmu; sebab malaikat-malaikat-Nya akan diperintahkan-Nya kepadamu untuk menjaga engkau di segala jalanmu” (Mzm 91:10-11).

Pada hari ini Gereja memperingati “Para Malaikat Pelindung”. Katekismus Gereja Katolik menyatakan hal berikut ini: “sejak masa anak-anak sampai pada kematiannya malaikat-malaikat mengelilingi kehidupan manusia dengan perlindungan dan doa permohonan. ‘Seorang malaikat mendampingi setiap orang beriman sebagai pelindung dan gembala, supaya menghantarkannya kepada kehidupan’ (Basilius, Eun. 3,1). Sejak di didunia ini, dalam iman, kehidupan Kristiani mengambil bagian di dalam kebahagiaan persekutuan para malaikat dan manusia yang bersatu dalam Allah” (KGK,336).

Guardian Angels Children 01Iman-kepercayaan Kristiani yang Katolik tidaklah terbatas pada pengakuan akan keberadaan makhluk-makhluk spiritual pemberian Allah kepada kita yang bertugas untuk menjaga serta melindungi kita, melainkan lebih dari itu, yaitu kepastian mutlak bahwa setiap orang mempunyai malaikat pelindung. Juga merupakan suatu kepercayaan Katolik yang bersifat universal bahwa setiap orang yang hidup di atas bumi, apakah Kristiani atau non-Kristiani, berada dalam rahmat atau dalam dosa, sebenarnya sepanjang hidupnya di jaga oleh “seorang” malaikat pelindung yang bertugas khusus untuk dia. Dalam Injil hari ini kita mendengar Yesus bersabda: “Ingatlah, jangan menganggap rendah salah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Ada malaikat mereka di surga yang selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di surga” (Mat 18:10).

Pelayanan para malaikat pelindung ini mencakup hal-hal yang disebutkan berikut ini: (1) melindungi manusia yang dilayaninya dari bahaya-bahaya tubuh, jiwa dan roh; (2) mencegah Iblis mengusulkan pemikiran-pemikiran jahat, dan membuang peristiwa-peristiwa dosa dan menolong kita untuk mengatasi godaan; (3) mencerahkan dan memberikan instruksi kepada kita dan membantu perkembangan pemikiran-pemikian suci dan hasrat-hasrat saleh; (4) mempersembahkan doa-doa kita kepada Allah dan mendoakan syafaat bagi kita; (5) mengoreksi kita apabila kita berdosa; (6) menolong kita ketika mengalami sakratul maut, memperkuat dan menghibur kita; (7) menghantar jiwa dan roh kita ke dalam surga, atau ke dalam “api pencucian” guna menghibur kita di sana. Jadi, para malaikat pelindung-lah yang memperhatikan kita, menjaga kita, memimpin kita. Mereka melihat dalam tugas mereka, jiwa-jiwa yang tak ternilai harganya karena ditebus oleh darah Kristus.

Walaupun para malaikat tidak dapat melakukan penetrasi ke hati kita yang terdalam, bagian di mana Allah menyediakan tempat bagi diri-Nya sendiri, mereka melakukan apa pun yang biasa dilakukan guna menolong kita. Sungguh layak dan pantaslah jika kita memandang para malaikat peindung itu sebagai sahabat-sahabat kita.

Sang pemazmur dalam Bacaan Mazmur hari ini ingin menyatakan kebaikan Allah kepada umat-Nya, lewat perlindungan-Nya, pembelaan-Nya dst. Allah bahkan akan memerintahkan para malaikat untuk menjaga kita (Mzm 91:10-11). Mazmur 91 secara penuh merupakan bacaan Mazmur pada Ibadat Penutup hari Minggu. Memang di akhir hari tidak ada mazmur yang dapat lebih mengangkat diri dan menghibur kita daripada mazmur ini. Mengapa? Karena mazmur ini memberi jaminan kepada kita semua bahwa dalam segala pencobaan hidup, Allah senantiasa dekat dengan kita, dan perhatian-Nya sebagai seorang ibu tidak pernah meninggalkan kita, juga bahwa para malaikat-Nya juga hadir di sisi kita masing-masing.

DOA: Bapa surgawi, terima kasih penuh syukur kami haturkan kepada-Mu karena Engkau memberikan kepada kami masing-masing “seorang” malaikat pelindung untuk menjaga kami. Melalui bimbingan Roh Kudus-Mu, jadikanlah kami murid-murid Yesus yang baik, yang senantiasa menjalin hubungan baik dengan para malaikat pelindung kami. Amin.

Catatan: Untuk mendalami Bacaan Injil hari ini (Mat 18:1-5,10), bacalah tulisan yang berjudul “SATU BUKTI LAGI TENTANG KASIH ALLAH BAGI KITA” (bacaan tanggal 2-10-14) dalam situs/blog PAX ET BONUM http://catatanseorangofs.wordpress.com; kategori: 14-10 PERMENUNGAN ALKITABIAH OKTOBER 2013.

Cilandak, 1 Oktober 2014 [Pests S. Teresia dr Kanak-kanak Yesus, Perawan-Pujangga Gereja, Pelindung Misi]

Sdr. F.X. Indrapradja, OFS