MASA PENANTIAN DAN BERJAGA-JAGA

(Bacaan Injil Misa Kudus, HARI MINGGU ADVEN I [Tahun B], 30 November 2014)

KESIAPSIAGAAN - LUK 12 35-40Hati-hatilah dan berjaga-jagalah! Sebab kamu tidak tahu kapan saatnya tiba. Keadaannya sama seperti seorang yang bepergian, yang meninggalkan rumahnya dan menyerahkan tanggung jawab kepada hamba-hambanya, masing-masing dengan tugasnya, dan memerintahkan penjaga pintu supaya berjaga-jaga. Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu kapan tuan rumah itu pulang, menjelang malam, atau tengah malam, atau larut malam, atau pagi-pagi buta, supaya kalau ia tiba-tiba datang jangan kamu didapatinya sedang tidur. Apa yang Kukatakan kepada kamu, Kukatakan kepada semua orang: berjaga-jagalah! (Mrk 13:33-37)

Bacaan Pertama: Yes 63:16b-17; 64:1,3b-8; Mazmur Tanggapan: Mzm 80:2-3,15-16,18-19; Bacaan Kedua: 1Kor 1:3-9

Masa Adven adalah suatu masa sangat istimewa bagi umat Kristiani. Masa Adven adalah masa penantian dan berjaga-jaga. Seruan Yesus dalam Mrk 13 – bahwa kita harus berjaga-jaga dalam menantikan kedatangan-Nya – semakin diperkuat oleh fakta bahwa sekarang kita sedang memasuki suatu masa penuh rahmat yang dicurahkan dan mengalir dari takhta Allah. Sebagaimana seorang penjaga pintu tidak dapat terus berjaga-jaga sendiri untuk selamanya, maka kita juga membutuhkan pertolongan untuk tetap berjaga dalam menantikan kedatangan Tuhan kita.

Pada awal masa Adven ini, Gereja berseru kepada umatnya untuk menantikan dengan antisipasi besar kedatangan kembali Yesus Kristus yang ingin menarik kita kepada hati-Nya. Fokus kita untuk berada semakin dekat dengan Putera-Nya dan mempersiapkan hati kita untuk menyambut-Nya pada hari Natal sangatlah menyenangkan hati Allah.

pppas0594Bagaimana seharusnya kita (anda dan saya) berjaga-jaga dalam menantikan Yesus? Bagaimana kita harus mempersiapkan masa Adven kita? Baiklah kita mengawalinya dengan suatu pemeriksaan jujur atas jalan kehidupan spiritual kita selama ini. Baiklah kita bertanya kepada Roh Kudus untuk menunjukkan rencana-rencana-Nya bagi kita dan memberikan bimbingan-bimbingan khusus terkait bagaimana kita dapat memenuhi panggilan-Nya. Apakah Dia minta kepada kita untuk pergi ke luar guna menemui dan melayani orang-orang lain yang juga warga komunitas kita? Apakah Dia memanggil kita untuk bergabung dengan saudari-saudara Kristiani lainnya dan berdoa bersama guna terciptanya pembaharuan dalam hidup menggereja? Apakah Dia mengundang kita untuk menyediakan lebih banyak waktu lagi untuk membaca dan merenungkan sabda Allah dalam Kitab Suci?

Apa pun yang diminta Allah dari kita, kita harus melakukannya, dan kita pun akan melihat perubahan-perubahan dalam hidup kita dan kehidupan dari mereka yang hidup di sekeliling kita. Marilah kita menjadi semakin dekat dengan Yesus dan memperbaharui komitmen pribadi kita masing-masing terhadap kehendak-Nya. Selagi kita mempersiapkan masa Adven ini dengan sebaik-baiknya, baiklah kita membuka diri kita bagi pelimpahan rahmat yang luarbiasa oleh Bapa surgawi, dan juga membuka diri bagi Roh Kudus. Marilah kita juga jangan lupa untuk senantiasa berdoa dengan penuh pengharapan akan kedatangan kembali Yesus pada akhir zaman.

DOA: Bapa surgawi, utuslah Roh Kudus-Mu untuk memperbaharui Gereja-Mu. Semoga kami semua bertumbuh dalam iman, dalam kesetiaan dan dalam kesalehan selagi kami menjalani masa Adven tahun ini. Perbaharuilah kami semua dengan kuat-kuasa-Mu yang mahabesar. Amin.

Catatan: Untuk mendalami Bacaan Injil hari ini (Mrk 13:33-37), bacalah tulisan yang berjudul “HATI-HATILAH DAN BERJAGA-JAGALAH!” (bacaan tanggal 30-11-14) dalam situs/blog PAX ET BONUM http://catatanseorangofs.wordpress.com; kategori: 14-11 PERMENUNGAN ALKITABIAH NOVEMBER 2014.

Cilandak, 26 November 2014 [Peringatan S. Leonardus dr Porto Mauritio, Imam]

Sdr. F.X. Indrapradja, OFS