Cilandak, 13 Januari 2015

Saudari dan Saudara yang dikasihi Kristus,

Hal: Terima kasih

Pada hari ini, perkenankanlah saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Saudari-Saudara sekalian untuk dukungan anda – teristimewa dukungan doa – selama ini terhadap upaya “evangelisasi” yang saya lakukan melalui 3 (tiga) buah situs/blog pewartaan yang saya kelola sejak tahun 2010.

Genap lima tahun lalu, tepatnya pada tanggal 13 Januari 2010, atas anjuran salah seorang anak laki-laki saya (anak keempat: John), saya mulai melakukan “posting” (tanpa pengetahuan tentang “blogging” samasekali) ke dalam situs/blog SANG SABDA https://sangsabda.wordpress.com. Sebelumnya, saya hanya mengirimkan serangkaian tulisan saya berkaitan dengan Kitab Suci, spiritualitas Fransiskan dll. kepada sejumlah orang saja – lewat e-mails. Pada tanggal 19 Januari 2010 “posting” mulai dilakukan ke dalam situs/blog kedua, yaitu PAX ET BONUM http://catatanseorangofs.wordpress.com.

Situs/blog SANG SABDA dimaksudkan untuk mengajak umat Kristiani (teristimewa umat Katolik) yang berbahasa Indonesia untuk lebih mencintai sabda Allah yang terdapat dalam Kitab Suci, dengan demikian lebih menjadi lebih dekat lagi dengan Yesus, Tuhan dan Juruselamat kita dan mempraktekkan apa yang diajarkan-Nya.

Situs/blog PAX ET BONUM terutama digunakan untuk “menyimpan” secara teratur tulisan-tulisan saya yang berhubungan dengan Fransiskanisme/ spritualitas Fransiskan (sejak 1996) yang selama itu berceceran dan tidak sedikit yang sudah hilang softcopy-nya. Situs/blog PAX ET BONUM ini juga memuat coret-coretan sehubungan dengan Kitab Suci. Tidak ada yang mengherankan memang, karena Kitab Suci adalah salah satu dari lima pilar penunjang spiritualitas Fransiskan. Pilar-pilar lainnya adalah “inkarnasi Tuhan”, “sengsara Yesus”, “Ekaristi” dan “Bunda Maria”.

Pada tanggal 27 Juli 2010, saya juga mulai dengan tulisan-tulisan dalam sebuah situs/blog dalam bahasa Inggris sederhana, yaitu A CHRISTIAN PILGRIMAGE http://achristianpilgrim.wordpress.com. Mayoritas pengunjungnya adalah dari Amerika Serikat dan negara-negara non-Indonesia lainnya.

Saya bersyukur bahwa kedua situs/blog dalam bahasa Indonesia masih cukup sering mendapatkan kritikan/cercaan dari berbagai pihak, karena dengan demikian saya yakin tidak sedikit Saudari-Saudara beriman lain yang juga suka mengunjungi kedua situs/blog tersebut. Tugas saya hanyalah menaburkan benih-benih sabda Allah. Saya berkeyakinan teguh bahwa Roh Kudus-lah yang mampu mengubah seseorang, kita manusia adalah sekadar instrumen-instrumen-Nya. Kedua situs/blog ini juga sehari-hari dibaca di negeri-negeri Timur Tengah dan Afrika. Terpujilah nama Allah!

Puji Tuhan, pertumbuhan 3 (tiga) situs/blogs yang saya kelola tersebut masih dinilai baik oleh WORDPRESS, dan semuanya ini tentunya berkat rahmat Allah dan doa-doa Saudari-Saudara sekalian tentunya. Anda dapat membaca komentar/evaluasi mereka di bawah kategori: “BLOG PERFORMANCE REVIEW” yang ada dalam situs/blog masing-masing. Seturut sabda Kristus, saya hanya dapat berkata: “Saya adalah hamba yang tidak berguna; saya hanya melakukan apa yang harus saya lakukan” (lihat Luk 17:10).

Jumlah “hits” sampai pada hari ini, jam 8.30 WIB, adalah 816.262 untuk situs/blog SANG SABDA; 432.384 untuk situs/blog PAX ET BONUM; dan 197.169 untuk situs/blog A CHRISTIAN PILGRIMAGE. Saya mempersilahkan anda semua untuk mengunjungi situs/blog ketiga ini. Bahasa Inggrisnya sungguh sederhana.

Sekali lagi, terima kasih banyak untuk bantuan doa-doa anda. Jangan bosan ya, karena tanpa bantuan doa anda sekalian, tak mampulah saya melakukan semua ini. Biarlah nama Allah Tritunggal Mahakudus, Bapa, dan Putera, dan Roh Kudus,  senantiasa dipuji dan dimuliakan oleh segenap makhluk, di atas bumi seperti di dalam surga.

Salam persaudaraan,

Sdr. F.X. Indrapradja, OFS

p.s. Bagi mereka (terutama para orang muda yang meminati hal-ikhwal kepemimpinan (leadership), saya persilahkan mengunjungi situs/blog http://developingsuperleaders.wordpress.com.