PERTUMBUHAN

 (Bacaan Injil Misa Kudus, Hari Biasa Pekan VI – Sabtu, 16 Mei 2015)

Keluarga Fransiskan: Peringatan S. Margareta dr Cortona OFS [1247-1297], Pentobat

RABI DARI NAZARET - 1Sesungguhnya Aku berkata kepadamu: Segala sesuatu yang kamu minta kepada Bapa, akan diberikan-Nya kepadamu dalam nama-Ku. Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatu pun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu.

Semuanya ini Kukatakan kepadamu dengan kiasan. Akan tiba saatnya Aku tidak lagi berkata-kata kepadamu dengan kiasan, tetapi terus terang memberitakan Bapa kepadamu. Pada hari itu kamu akan berdoa dalam nama-Ku. Tidak Aku katakan kepadamu bahwa Aku meminta bagimu kepada Bapa, sebab Bapa sendiri mengasihi kamu, karena kamu telah mengasihi Aku dan percaya bahwa Aku datang dari Allah. Aku datang dari Bapa dan Aku datang ke dalam dunia; aku meninggalkan dunia pula dan pergi kepada Bapa.” (Yoh 16:23b-28) 

Bacaan Pertama: Kis 18:23-28; Mazmur Tanggapan: Mzm 47:2-3,8-10 

Dalam perumpamaan-Nya yang terkenal (Mat13:31-32; Mrk 4:31-32; Luk 13:19), Yesus menggambarkan Kerajaan Allah sebagai sebuah biji sesawi kecil yang bertumbuh menjadi sebatang pohon sehingga burung-burung di udara datang bersarang pada cabang-cabangnya. Memang pertumbuhan merupakan misteri besar kehidupan. Pertumbuhan mempunyai dimensi yang mengandung suka maupun dimensi yang mengandung duka. Kita semua semua mengharapkan untuk bertumbuh dan memperoleh semua privilese yang berjalan dengan pertumbuhan itu …… kebebasan untuk mengambil keputusan-keputusan kita sendiri dll. Kita malah berpikir bahwa kita akan mengetahui segala sesuatu dan dapat melakukan segala sesuatu.

Namun dari pengalaman kita menyadari bahwa sangat menyakitkanlah bagi seseorang untuk bertumbuh. Ada banyak growing pains, baik secara fisik maupun psikologis. Tidak mudahlah untuk mengandalkan diri kita sendiri, … kita membutuhkan pihak lain juga, dan banyak orang tidak pernah menyadari hal ini dan karenanya tidak melakukan penyesuaian-penyesuaian yang diperlukan.

Seorang mahasiswa yang sedang galau, gamang mengirimkan sms kepada ayahnya: “Pa, aku tidak ada uang atau teman. Tolong dong!” Seterima sms itu sang ayah membalas dengan sms juga: “Carilah teman!” Jawaban mengejutkan dari sang ayah seperti ini sebenarnya dapat merupakan suatu blessing in disguise …… membuat anak muda itu bertumbuh. Agar supaya dapat bertumbuh, kita harus seringkali dipaksa untuk memecahkan sendiri masalah-masalah yang sedang kita hadapi. Sekali kita memiliki kebutuhan dan good will, maka kita dapat terkejut sendiri melihat betapa banyak yang dapat kita capai, hal-hal yang sebelumnya tidak pernah kita impi-impikan.

ROHHULKUDUSInilah yang dimaksudkan oleh Yesus ketika Dia memberi pengajaran yang bersifat simbolis namun penuh kuat-kuasa: “Sesungguhnya Aku berkata kepadamu: Sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana, – maka gunung ini akan pindah, dan tidak akan ada yang mustahil bagimu”  (Mat 17:20; bdk. Luk 17:6). Ketika menjelaskan “perumpamaan tentang pokok anggur yang benar” dalam bagian lain perjamuan terakhir, Yesus bersabda: “Jikalau kamu tinggal di dalam Aku dan firman-Ku tinggal di dalam kamu, mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya”  (Yoh 15:7). Jadi, apabila kita memiliki keyakinan akan kuat-kuasa Allah dalam Yesus dan akan potensi yang diberikan-Nya kepada kita, maka kita dapat melihat dengan penuh rasa takjub apa yang dilakukan-Nya melalui diri kita.

Memang pada awalnya tidak mudah, namun ini adalah growing pains yang normal yang harus kita alami dan lalui.

DOA: Bapa surgawi, luluhkanlah apa saja dalam diri kami yang menghalangi kami menerima kasih-Mu. Kami tidak merasa malu untuk mengakui kebutuhan kami akan Dikau. Datanglah, ya Roh Kudus, dan penuhilah diri kami dengan curahan kasih-Mu pada hari Pentakosta. Semoga kami menjadi sumber air kasih-Mu bagi orang-orang di sekeliling kami. Amin.

Catatan: Untuk mendalami perikop Injil hari ini (Yoh 16:23b-28), bacalah tulisan yang berjudul  “MEMAHAMI BAPA SURGAWI” (bacaan tanggal 16-5-15) dalam situs/blog PAX ET BONUM http://catatanseorangofs.wordpress.com; kategori: 15-05 PERMENUNGAN ALKITABIAH MEI 2015.  

Cilandak, 13 Mei 2015 [Peringatan Santa Perawan Maria dr Fatima] 

Sdr. F.X. Indrapradja, OFS