Cilandak, 21 Agustus 2015

Saudari dan Saudara yang dikasihi Kristus,

Hal: Ucapan terima kasih

SELAMAT PESTA SANTO PIUS X [1835-1914] kepada anda sekalian, teristimewa Saudari dan Saudara OFS. Orang kudus yang kita rayakan pada hari adalah seorang imam praja yang adalah anggota OFS, dan beliau sangat berjasa dalam pertumbuhan OFS (Ordo Franciscanus Saecularis) itu sendiri. Beliau masuk menjadi anggota OFS ketika melayani sebagai pastor di Salzano, dan di tempat itu mendirikan dua persaudaraan OFS. Karena devosinya kepada Sakramen Ekaristi, beliau juga dikenal sebagai Paus Ekaristi. Beliau juga seorang pendukung pers Katolik.

Hari yang khusus ini dengan sengaja saya pilih untuk mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada anda sekalian untuk dukungan anda – teristimewa dukungan doa – selama ini terhadap upaya “evangelisasi” kecil-kecilan yang saya lakukan lewat 2 (dua) buah situs/blogs pewartaan dalam bahasa Indonesia yang saya kelola sejak tahun 2010 (tanggal 13 dan 19 Januari).

Lima tahun lebih lalu, tepatnya pada tanggal 13 Januari 2010, atas anjuran salah seorang anak laki-laki saya, John, mulailah saya melakukan “posting” ke dalam situs/blog SANG SABDA https://sangsabda.wordpress.com. Sebelumnya, sejak Juli 2009, saya hanya mengirimkan tulisan-tulisan saya berkaitan dengan Kitab Suci kepada sejumlah orang saja – lewat e-mails. Pada tanggal 19 Januari 2010 “posting” mulai dilakukan ke dalam situs/blog kedua, yaitu PAX ET BONUM http://catatanseorangofs.wordpress.com.

Situs/blog SANG SABDA dimaksudkan untuk mengajak umat Kristiani (teristimewa umat Katolik) untuk lebih mencintai sabda Allah yang terdapat dalam Kitab Suci, kemudian mempraktekkan apa yang diajarkan dalam Kitab Suci itu. Situs/blog PAX ET BONUM terutama digunakan untuk menyimpan tulisan-tulisan saya yang berhubungan dengan Fransiskanisme (sejak 1996) yang selama itu berceceran dan tidak sedikit yang sudah hilang softcopy-nya. Situs/blog PAX ET BONUM ini juga memuat coret-coretan sehubungan dengan Kitab Suci. Tidak ada yang mengherankan memang, karena Kitab Suci adalah salah satu dari lima pilar penunjang spiritualitas Fransiskan. Pilar-pilar lainnya adalah “inkarnasi Tuhan”, “sengsara Yesus”, “Ekaristi” dan “Bunda Maria”.

Pada bulan Juli 2010, saya juga mulai dengan tulisan-tulisan dalam sebuah situs/blog dalam bahasa Inggris sederhana, yaitu A CHRISTIAN PILGRIMAGE http://achristianpilgrim.wordpress.com. Mayoritas pengunjungnya adalah dari Amerika Serikat dan negara-negara non-Indonesia lainnya.

Dua buah situs/blog dalam bahasa Indonesia ini masih saja mendapat cercaan  dari Saudari-Saudara kita yang tidak menyenangi keberadaan keduanya, dan kata-kata yang digunakan juga biasanya cukup menyakitkan hati. Namun hanya satu-dua yang saya perkenankan muncul dalam situs/blog ini, selebihnya saya buang sebagai “trash”, terutama karena situs/blog saya ini bukanlah untuk tujuan apologetika. Saya bersyukur mendapatkan kritikan/cercaan seperti itu, karena dengan begitu saya yakin tidak sedikit Saudari-Saudara beriman lain yang juga suka mengunjungi kedua situs/blog tersebut. Tugas saya hanyalah menaburkan benih-benih sabda Allah. Hanya Roh Kudus-lah yang mampu mengubah seseorang.

Puji Tuhan, pertumbuhan 3 (tiga) situs/blogs yang saya kelola tersebut dinilai baik oleh WORDPRESS, dan semuanya ini tentunya berkat rahmat Allah dan doa-doa anda sekalian tentunya. Anda dapat membaca komentar/evaluasi mereka di bawah kategori: “BLOG PERFORMANCE REVIEW”. Sesuai dengan sabda Sang Guru, saya hanya dapat berkata: “Saya adalah hamba yang tidak berguna; saya hanya melakukan apa yang harus saya lakukan” (lihat Luk 17:10).

Terpujilah Allah, jumlah “hits” sampai pada hari ini, jam 10.00 WIB, adalah 1.000.571 untuk situs/blog SANG SABDA; 515.765 untuk situs/blog PAX ET BONUM; dan 230.538 untuk situs/blog A CHRISTIAN PILGRIMAGE. Angka 1.000.000 hits di situs/blog SANG SABDA tercapai kemarin sore (kira-kira jam 16.30 WIB), tanggal 20 Agustus 2015 (Pesta Orang Kudus Gereja yang besar pula, yaitu S. Bernardus dari Clairvaux, yang hidup pada zaman berbeda dengan S. Pius X).

Sekali lagi, terima kasih banyak untuk bantuan doa anda. Semoga berkat Allah Tritunggal Mahakudus senantiasa menyertai anda sekalian.

Salam persaudaraan,

Sdr. F.X. Indrapradja, OFS