JADILAH SEPERTI YESUS

(Bacaan Injil Misa Kudus, Hari Biasa Pekan V Paskah – Sabtu, 30 April 2016)

OFMCap.: Peringatan Beato Benediktus dari Urbino, Biarawan

OSU: Peringatan Beata Maria dari Inkarnasi 

jesus-christ-super-star“Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku daripada kamu. Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu. Ingatlah apa yang telah Kukatakan kepadamu: Seorang hamba tidaklah lebih tinggi daripada tuannya. Jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu; jikalau mereka telah menuruti firman-Ku, mereka juga akan menuruti perkataanmu. Tetapi semuanya itu akan mereka lakukan terhadap kamu karena nama-Ku, sebab mereka tidak mengenal Dia yang telah mengutus Aku.” (Yoh 15:18-21)

Bacaan Pertama: Kis 16:1-10; Mazmur Tanggapan: Mzm 100:1-3,5

“Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahuklu membenci Aku daripada kamu” (Yoh 15:18).

Umat Kristiani terus dikejutkan karena dunia membenci mereka. Kita mungkin berpikir bahwa dunia telah berubah sejak dunia menolak dan menyalibkan Yesus. Kita juga mungkin berpikir bahwa kita tidak sebegitu seperti Yesus, sehingga pantas menjadi korban penolakan dan penganiayaan. Namun kita pada dasarnya telah diubah dengan pembaptisan dalam Kristus: “dibaptis dalam kematian-Nya” (lihat Rm 6:3). Kita mempunyai suatu kodrat baru, yaitu sebagai “ciptaan baru” (lihat Gal 6:15), kita telah dipilih dari dunia oleh Kristus (Yoh 15:19). Dunia mengakui bahwa kita bukan lagi miliknya, oleh karena itu dunia membenci, menganiaya, dan mencoba membunuh kita (Yoh 15:19-20), bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kita akan menyangka bahwa ia berbakti kepada Allah (Yoh 16:2).

Walaupun dunia membenci orang-orang Kristiani yang penuh dosa, juga orang-orang Kristiani yang malas, Allah ingin memberikan lebih banyak alasan kepada dunia untuk menganiaya kita. Allah ingin membuat kita kudus, membuat kita seperti diri-Nya sendiri. Kemudian kita bukan hanya merupakan suatu ancaman besar, melainkan nyata-nyata suatu ancaman yang sesungguhnya, untuk mengacaukan atau menjungkir-balikkan seluruh dunia (lihat Kis 17:6). Dengan demikian, dunia merasa “terpaksa” untuk menganiaya kita dengan segera dan dengan penuh nafsu.

Oleh karena itu hayatilah baptis kita (anda dan saya)! Jadilah suatu ancaman bagi dunia. Jadikanlah diri kita korban kebencian dunia sehingga pantas dianiaya. Jadikanlah diri kita kudus! Marilah kita menjadi seperti Yesus!

DOA: Bapa surgawi, buatlah diriku layak menderita penghinaan oleh karena nama Yesus (Kis 5:41; bdk. Mat 5:11-12). Amin.

Catatan: Untuk mendalami Bacaan Injil hari ini (Yoh 15:18-21), bacalah tulisan yang berjudul “DUNIA TELAH LEBIH DAHULU MEMBENCI YESUS” (bacaan tanggal 30-4-16) dalam situs/blog PAX ET BONUM http://catatanseorangofs.wordpress.com; kategori: 16-04 PERMENUNGAN ALKITABIAH APRIL 2016. 

Cilandak, 29 April 2016 

Sdr F.X. Indrapradja, OFS