SEPENUHNYA DIPIMPIN ROH KUDUS

(Bacaan Pertama Misa Kudus, Hari Biasa Pekan VII Paskah – Selasa, 10 Mei 2016)

KONGREGASI HATI KUDUS YESUS DAN MARIA (SSCC): S. Damianus de Veuster, Imam 

images (11)Karena itu ia menyuruh seorang dari Miletus ke Efesus dengan pesan supaya para penatua jemaat datang ke Miletus. Sesudah mereka datang, berkatalah ia kepada mereka, “Kamu tahu, bagaimana aku hidup senantiasa di antara kamu sejak hari pertama aku tiba di Asia ini: Dengan segala kerendahan hati aku melayani Tuhan. Dalam pelayanan itu aku banyak mencucurkan air mata dan banyak mengalami pencobaan dari pihak orang Yahudi yang mau membunuh aku. Sungguh pun demikian aku tidak pernal lalai melakukan apa yang berguna bagi kamu. Semua kuberitakan dan kuajarkan kepada kamu, baik di depan umum maupun dalam perkumpulan di rumah-rumah; aku senantiasa bersaksi kepada orang-orang Yahudi dan orang-orang Yunani, supaya mereka bertobat kepada Allah dan percaya kepada Tuhan kita, Yesus. Tetapi sekarang sebagai tawanan Roh aku pergi ke Yerusalem dan aku tidak tahu apa yang akan terjadi atas diriku di situ selain yang dinyatakan Roh Kudus dari kota ke kota kepadaku bahwa penjara dan sengsara menunggu aku. Tetapi aku tidak menghiraukan nyawaku sedikit pun, asalkan aku dapat mencapai garis akhir dan menyelesaikan pelayanan yang ditugaskan oleh Tuhan Yesus kepadaku untuk bersaksi tentang Injil anugerah Allah. Sekarang aku tahu bahwa kamu tidak akan melihat mukaku lagi, kamu sekalian yang telah kukunjungi untuk memberitakan Kerajaan Allah. Sebab itu pada hari ini aku bersaksi kepadamu bahwa aku bersih dari darah siapa pun juga. Sebab aku tidak lalai memberitakan seluruh maksud Allah kepadamu. (Kis 20:17-27) 

Mazmur Tanggapan: Mzm 68:10-11,20-21; Bacaan Injil: Yoh 17:1-11a

“Tetapi sekarang sebagai tawanan Roh aku pergi ke Yerusalem dan aku tidak tahu apa yang akan terjadi atas diriku di situ selain yang dinyatakan Roh Kudus dari kota ke kota kepadaku bahwa penjara dan sengsara menunggu aku” (Kis 20:22-23).

Dalam bacaan di atas kita melihat bahwa Paulus adalah seseorang yang tidak hanya dipenuhi Roh Kudus (Spirit filled), melainkan juga dibimbing/dipimpin oleh Roh Kudus (Spirit led). Sepenuhnya berada di bawah bimbingan Roh Kudus, Paulus maju terus dalam melaksanakan misi pewartaan Injil yang dipercayakan Yesus kepadanya, bahaya apa pun yang menantinya.

Roh Kudus akan menjamah, memberkati dan mencerahkan kita. Roh Kudus dapat saja seperti angin sepoi-sepoi basa yang menghembus lembut, seperti api yang menghangatkan atau seperti air yang sejuk segar. Namun Roh Kudus juga dapat memaksa memperingatkan (Kis 20:22-23) dan menginsyafkan kita akan dosa-dosa kita (Yoh 16:8).

Baptism-of-the-Holy-SpiritRoh Kudus dapat seperti angin yang kuat dan menerbangkan (Kis 2:2), atau seperti api yang  memurikan dan membakar (Ibr 12:29), dan seperti sungai yang mengalirkan air hidup (Yoh 7:38). Roh Kudus itu bisa saja berlaku lembut, tetapi juga bisa menggoncang kita dengan kuat kuasa-Nya. Roh Kudus akan memberikan apa yang selalu kita inginkan dan juga memberi apa yang kita hindari.

Kita membutuhkan sekali Roh Kudus karena Dia adalah Roh yang memberdayakan, tetapi juga kita menolak Roh Kudus itu. Memang menerima Roh Kudus itu merupakan sesuatu yang membawa damai dan sekaligus menakutkan.

Seringkali kita merasa mau menerima separuh saja dari Roh Kudus itu. Akan tetapi Roh Kudus tidak pernah berlaku demikian. Telah lima hari kita kita menjalani Novena Roh Kudus. Kita berdoa untuk memecahkan dilema tersebut: menerima atau menolak Roh Kudus? Dosa-dosa kita, cinta-diri dan rasa takut kita begitu besar, namun kasih karunia Allah jauh lebih besar.

Saudari dan Saudaraku, marilah – dalam dan dengan iman – kita melakukan pertobatan dan berseru: “Datanglah, ya Roh Kudus!”

DOA: Tuhan Yesus, penuhilah diriku dengan Roh Kudus seperti yang telah Kautanamkan ke dalam diri Santo Paulus. Biarlah Roh Kudus membuat tenang rasa takutku dan memenuhi diriku dengan keberanian sejati, membuat diriku agar tetap fokus atas kebutuhan-kebutuhan spiritual orang-orang di sekitar diriku. Amin.

Catatan: Untuk mendalami Bacaan Injil hari ini (Yoh 17:1-11a), bacalah tulisan yang berjudul “BAGIAN DARI DOA IMAM BESAR AGUNG” (bacaan tanggal 10-5-16) dalam situs/blog PAX ET BONUM http://catatanseorangofs.wordpress.com; kategori: 16-05 PERMENUNGAN ALKITABAH MEI 2016. 

Cilandak, 9 Mei 2016 [Peringatan S. Katarina dr Bologna]

Sdr. F.X. Indrapradja, OFS