MENANTIKAN KEDATANGAN ROH KUDUS

(Bacaan Injil Misa Kudus, Hari Biasa Pekan VII Paskah – Rabu, 11 Mei 2016)

Keluarga Fransiskan: Peringatan S. Ignasius dr Laconi, Biarawan Kapusin  

jesus-christ-super-starYa Bapa yang kudus, peliharalah mereka dalam nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku, supaya mereka menjadi satu sama seperti Kita. Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku; Aku telah menjagas mereka dan tidak ada seorang pun dari mereka yang binasa selain dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya digenapi yang tertulis dalam Kitab Suci. Tetapi sekarang, Aku datang kepada-Mu dan Aku mengatakan semuanya ini sementara Aku masih ada di dalam dunia, supaya penuhlah sukacita-Ku di dalam diri mereka. Aku telah memberikan firman-Mu kepada mereka dan dunia membenci mereka, karena mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia. Aku tidak meminta, supaya Engkau mengambil mereka dari dunia, tetapi supaya Engkau melindungi mereka dari yang jahat. Mereka bukan dari dunia, sama seperti Aku bukan dari dunia. Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu itulah kebenaran. Sama seperti Engkau telah mengutus Aku ke dalam dunia, demikian pula Aku telah mengutus mereka ke dalam dunia; dan Aku menguduskan diri-Ku bagi mereka, supaya mereka pun dikuduskan dalam kebenaran. (Yoh 17:11b-19)

Bacaan Pertama: Kis 20:28-38; Mazmur Tanggapan: Mzm 68:29-30,33-36 

Yesus sedang mempersiapkan diri-Nya untuk pergi kepada Bapa-Nya. Dalam doa bagi para murid-Nya ini, Dia mempercayakan mereka kepada pemeliharaan penuh perhatian dari Bapa surgawi. Sungguh merupakan suatu momen yang penuh berkat dan kelemah-lembutan-Nya sebagai Guru dan Gembala bagi mereka, juga sebagai Imam Besar Agung (lihat Ibr 4:14), sang Pengantara dengan Bapa. Yesus telah hidup dan melayani bersama mereka selama tiga tahun – menjaga mereka, mengajar mereka, membentuk/membina mereka dan mengasihi mereka dengan kasih Allah sendiri. Bapa telah memberikan mereka kepada Yesus, dan sekarang Yesus memberikan mereka kembali kepada Bapa-Nya. Bagaimana Bapa akan menjaga dan melindungi mereka? Dengan cara yang penuh kemuliaan, yaitu dengan mengutus Roh Kudus, tidak hanya kepada mereka yang berkumpul di ruang atas (senakel), melainkan kepada semua orang yang meminta (lihat Yoh 17:20-21).

Kita sekarang sedang berada dalam masa persiapan perayaan Hari Raya Pentakosta. Kita menantikan kedatangan Roh Kudus dalam kepenuhan-Nya seperti yang ingin dicurahkan atas diri kita oleh Allah Bapa. Allah tidak pernah merasa lelah untuk melakukan kebaikan atas diri umat-Nya. Dia selalu siap untuk melimpah-limpahkan rahmat dan kuat-kuasa-Nya atas diri mereka yang mencari diri-Nya.

pentecost-canadaApakah yang dapat kita harapkan dari Roh Kudus untuk dilakukan-Nya dalam hati kita? Yesus berdoa bahwa melalui Roh Kudus, Bapa akan melindungi kita dari yang jahat [si Jahat] (Yoh 17:15). Yesus juga berdoa agar sukacita-Nya sendiri dapat memenuhi diri kita (Yoh 17:13).  Oleh Roh Kudus, kita dapat mengetahui kebenaran, dan memperkenankan kebenaran itu untuk memisahkan/menguduskan kita bagi Kristus (Yoh 17:19). Kita dapat mengenal dan mengalami kesatuan satu sama lain – kesatuan yang sama seperti yang dimiliki oleh Yesus dan Bapa-Nya (Yoh 17:21). Kita dapat mengasihi sebagaimana Allah mengasihi (lihat Rm 5:5). Kita dapat meyaksikan godaan dan dosa dikalahkan (lihat Rm 8:13).

Semua karunia yang indah ini – dan banyak lagi – adalah milik kita karena Roh Kudus telah datang untuk memasukkan  kita ke dalam kehidupan Allah sendiri: “Demikianlah kita ketahui bahwa kita tetap berada di dalam Allah dan dia di dalam kita, dan kasih-Nya sempurna di dalam kita” (1 Yoh 4:13). Roh Kudus telah dicurahkan ke dalam diri kita untuk membuat kita bersatu dengan Allah. Selagi kita menantikan Hari Raya Pentakosta yang agung ini, marilah kita berdoa dengan penuh pengharapan:

DOA: Bapa surgawi, utuslah Roh Kudus-Mu guna menyatukan kami masing-masing dengan Dikau dan Putera-Mu terkasih, Tuhan Yesus Kristus. Oleh kuat-kuasa Roh Kudus-Mu, utuslah kami untuk mewartakan sabda-Mu, dengan demikian memperbaharui muka bumi! Amin.

Catatan: Untuk mendalami Bacaan Injil hari ini (Yoh 17:11b-19), bacalah tulisan yang berjudul “MENELADAN YESUS DALAM BERDOA” (bacaan tanggal 11-5-16) dalam situs/blog PAX ET BONUM   http://catatanseorangofs.wordpress.com; kategori: 16-05 PERMENUNGAN ALKITABIAH HARIAN MEI 2016.   

(Tulisan ini bersumberkan sebuah tulisan saya di tahun 2013) 

Cilandak, 9 Mei 2016 [Peringatan S. Katarina dr Bologna, Perawan] 

Sdr. F.X. Indrapradja, OFS 

