SILSILAH YESUS KRISTUS DALAM INJIL MATIUS

(Bacaan Injil Misa Kudus, Hari Biasa Khusus Adven – Sabtu, 17 Desember 2016) 

matthew-1-1-17

Inilah daftar nenek moyang Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham. Abraham. Abraham mempunyai anak, Ishak; Ishak memunyai anak, Yakub; Yakub mempunyai anak, Yehuda dan saudara-saudaranya, Yehuda mempunyai anak, Peres dan Zerah dari Tamar, Peres mempunyai anak, Hezron; Hezron mempunyai anak, Ram; Ram mempunyai anak, Aminadab; Aminadab mempunyai anak, Nahason; Nahason mempunyai anak, Salmon; Salmon mempunyai anak, Boas dari Rahab, Boas mempunyai anak, Obed dari Rut, Obed mempunyai anak, Isai; Isai mempunyai anak, Raja Daud. Daud mempunyai anak, Salomo dari istri Uria, Salomo mempunyai anak Rehabeam; Rehabeam mempunyai anak, Abia; Abia mempunyai anak, Asa; Asa mempunyai anak, Yosafat; Yosafat mempunyai anak, Yoram; Yoram mempunyai anak, Uzia; Uzia mempunyai anak, Yotam; Yotam mempunyai anak, Ahas; Ahas mempunyai anak, Hizkia; Hiskia mempunyai anak, Manasye; Manasye mempunyai anak, Amon; Amon mempunyai anak, Yosia; Yosia mempunyai anak, Yekhonya dan saudara-saudaranya pada waktu pembungan ke Babel. Sesudah pembuangan ke Babel, Yekhonya mempunyai anak, Sealtiel; Sealtiel mempunyai anak Zerubabel; Zerubabel mempunyai anak, Abihud; Abihud mempunyai anak, Elyakim; Elyakim mempunyai anak, Azor; Azor mempunyai anak, Zadok; Zadok mempunyai anak, Akhim; Akhim mempunyai anak, Eliud; Eliud mempunyai anak, Eleazar; Eleazar mempunyai anak, Matan; Matan mempunyai anak, Yakub; Yakub mempunyai anak, Yusuf suami Maria, yang melahirkan Yesus yang disebut Kristus.

Jadi, seluruhnya ada empat belas keturunan dari Abraham sampai Daud, empat belas keturunan dari Daud sampai pembuangan ke Babel, dan empat belas keturunan dari pembuangan ke Babel sampai Kristus (Mat 1:1-17) 

Bacaan Pertama: Kej 49:2,8-10; Mazmur Tanggapan: Mzm 72:3-4,7-8,17 

Mulai tanggal 17 Desember pada masa Adven bacaan-bacaan liturgis dipusatkan pada kedatangan Putera Allah sebagai anak manusia di tengah dunia, …… Natal. Hari ini kita merenungkan silsilah Yesus Kristus.

Kita semua tentunya mempunyai nenek-moyang yang beragam, ada mewariskan nama yang harum, namun ada pula yang tidak. Kita harus mengakui bahwa tidak ada seorangpun di dunia ini yang memiliki pohon keluarga yang bersih tanpa noda. Demikian pula halnya dengan Yesus. Walaupun Ia dilahirkan dari Perawan Maria yang bebas dari noda dosa, genealogi-Nya mencakup juga para pendosa – bukan maling ayam, melainkan pendosa kelas kakap atau malah kelas ikan hiu.

Misalnya, menurut tradisi Raja Manasye (Mat 1:10) memerintahkan untuk membelah tubuh nabi Yesaya menjadi dua bagian, di samping segala perbuatan jahat lain yang dilakukannya (baca 2Raj 21:1-18). Yoram (Mat 1:8) membunuh 6 orang saudara laki-lakinya sejumlah pembesar kerajaan ketika dia diangkat menjadi raja (2Taw 21:2-4). Raja Uzia (Mat 1:9) mencoba untuk merampas tugas para imam, kemudian Allah menghukumnya dengan penyakit kusta sampai akhir hayatnya (baca 2Taw 26:16-21). Daud (Mat 1:1,6) adalah raja terbesar dalam sejarah bangsa Yahudi yang kiranya kontras sekali dengan beberapa orang raja turunannya yang disebutkan tadi, namun jangan salah …… karena Daud pun tidak luput dari dosa (baca 2Sam 11:1-27; 24:1-17).

Ada 5 orang perempuan yang disebutkan dalam silsilah Yesus di atas:  Tamar, Rahab, Istri Uria (Batsyeba), Rut dan Maria. Tiga orang yang pertama disebutkan adalah mereka yang tidak lepas dari kedosaan (Mat 1:3,5.6). Rut (Mat 1:5) tampil cemerlang dibandingkan dengan ketiga orang tersebut. Dengan berani dia mendampingi ibu-mertuanya yang Yahudi itu setelah dua-duanya menjadi janda, walaupun sang mertua – Naomi – mendesak Rut untuk kembali ke bangsanya sendiri, yaitu Moab (sekarang Yordania). Rut melihat kebaikan pribadi dan Naomi, dan juga kebaikan menjadi bagian dari umat Allah. Rut berkata kepada sang ibu-mertua: “Bangsamulah bangsaku dan Allahmulah Allahku” (Rut 1:16). Allah mengganjar Rut dengan kebaikan-Nya lewat perkawinannya dengan Boas yang adalah nenek moyang Daud. Perempuan kelima yang disebutkan adalah Maria, ibunda Yesus Kristus.

Semua perempuan dan laki-laki yang terdapat dalam silsilah Yesus Kristus adalah bagian dari rencana Allah untuk menyelamatkan dunia melalui Yesus Kristus. Yesus itu unik, Ia mematahkan segala belenggu masa lampau. Silsilah-Nya berisikan tidak sedikit nama-nama orang berdosa, namun Ia bebas dari segala dosa. Selagi kita menyiapkan Adven ini guna menyambut kedatangan-Nya, marilah kita memohon kepada Allah agar menolong kita memahami kuasa-Nya yang mampu mematahkan segala rantai masa lalu yang telah membelenggu kita selama ini.

Ada dari kita yang tentunya sedang berjuang keras untuk mengatasi pola-pola dosa yang kita warisi; kita semua juga berjuang keras untuk mengatasi dosa-dosa kita yang kita komit sendiri – lewat pikiran, perkataan, perbuatan dan kelalaian – justru karena Allah yang baik menganugerahkan kehendak bebas kepada kita semua. Oleh karena itu, marilah kita berdoa agar dimampukan oleh-Nya untuk dapat melihat hikmat dari rencana  sempurna Allah yang merajut masa lampau kita ke dalam jalan peziarahan kita sendiri yang unik menuju surga.

DOA: Datanglah, ya Hikmat-Kebijaksanaan dari Allah yang Mahatinggi yang membimbing segenap ciptaan dengan kuat-kuasa dan cintakasih sempurna. Ajarlah kami untuk berjalan di jalan kebenaran-Mu. Amin.

Catatan: Untuk mendalami bacaan Injil hari ini (Mat 1:1-17), bacalah tulisan yang berjudul “SILSILAH YESUS KRISTUS [5]” (bacaan tanggal 17-12-16) dalam situs/blog PAX ET BONUM http://catatanseorangofs.wordpress.com; kategori: 16-12 PERMENUNGAN ALKITABIAH DESEMBER 2016. 

(Tulisan ini bersumberkan sebuah tulisan saya di tahun 2011) 

Cilandak, 15 Desember 2016 

Sdr. F.X. Indrapradja, OFS 

Advertisements