SANG DOKTER AGUNG YANG BERNAMA YESUS KRISTUS

(Bacaan Injil Misa Kudus, Hari Biasa sesudah Penampakan Tuhan – Jumat, 10 Januari 2020)

Image result for pictures of jesus healing a leper

Pada suatu kali Yesus berada dalam sebuah kota. Di situ ada seorang yang penuh kusta. Ketika ia melihat Yesus, tersungkurlah ia dan memohon, “Tuan, jika Tuan mau, Tuan dapat mentahirkan aku.” Lalu Yesus mengulurkan tangan-Nya, menyentuh orang itu, dan berkata, “Aku mau, jadilah engkau tahir.” Seketika itu juga lenyaplah penyakit kustanya. Yesus melarang orang itu memberitahukannya kepada siapa pun juga dan berkata, “Pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam dan persembahkanlah untuk penyucianmu persembahan seperti yang diperintahkan Musa, sebagai bukti bagi mereka.” Tetapi kabar tentang Yesus makin jauh tersebar dan datanglah orang banyak berbondong-bondong kepada-Nya untuk mendengar Dia dan untuk disembuhkan dari penyakit mereka. Akan tetapi, Ia mengundurkan diri ke tempat-tempat yang terpencil dan berdoa. (Luk 5:12-16) 

Bacaan Pertama: 1Yoh 5:5-13; Mazmur Tanggapan: Mzm 147:12-15,19-20 

Kita semua senang untuk melihat segala sesuatu menjadi normal kembali. Apabila kita menderita sakit demam, maka kita tentunya mengharapkan suhu badan kita kembali normal. Apabila kita merasa kelelahan karena bekerja terlalu berat, maka kita pun kiranya akan berkata seperti berikut ini: “Aduh sibuk sekali aku hari ini di kantor, aku akan memuji Tuhan bilamana segala sesuatu akan normal kembali di kantorku.” Demikian pula para mahasiswa yang tinggal di rumah kos-kosan di Jakarta atau Depok. Pada masa libur panjang anda pulang ke rumah anda masing-masing, ada yang cukup jauh, ada juga yang jauh sekali. Ketika anda pulang ke rumah anda, maka seisi rumah dengan gembira menyambut anda, dan anda akan sibuk menjawab pertanyaan dari adik, kakak dan para orang tua anda sendiri tentang pengalaman di tempat anda studi. Anda pun mempunyai segudang cerita tentang pengalaman anda. Satu-dua hari kemudian, ibu berkata, “Ayo bekerja, jangan ngobrol saja, engkau adalah bagian dari keluarga ini, bukan?” Anda pun merasa lega: semua kembali ke dalam keadaan normal!

Orang kusta dalam bacaan Injil hari ini memohon kepada Yesus untuk disembuhkan oleh-Nya, karena dia mau kembali normal. Selama ini keberadaannya sungguh menyedihkan dan dipandang sebagai sampah masyarakat. Penyakit kusta yang dideritanya telah membuat setiap orang menghindarinya. Dia tidak bisa hidup bersama keluarganya atau berkumpul bersama para sahabatnya, karena penyakit kusta itu menular dan sangat, sangat menakutkan orang-orang.

Ketika membaca bacaan Injil ini, pernahkah anda berhenti untuk berpikir karya besar apa yang telah dilakukan oleh Yesus atas orang kusta ini? Yesus menyembuhkan dia, membuat dia kembali normal – sesuatu yang dia pikir tidak pernah akan terjadi lagi!

Apakah anda juga pernah berhenti untuk berpikir bahwa hal inilah yang begitu sering dilakukan oleh Yesus atas diri kita masing-masing. Yesus menyembuhkan luka-luka batin kita, berbagai penyakit yang kita derita, membuat kita kembali normal, memberikan kepada kita suatu awal yang baru. Orang kusta dalam bacaan Injil hari ini, tentunya akan senantiasa diingat sebagai seseorang yang menderita penyakit kusta, namun betapa penuh sukacitanya pada saat itu karena dia sepenuhnya telah disembuhkan oleh sang Dokter Agung.

Bagaimana dengan kita? Kita masing-masing pun mempunyai hari-hari buruk, kita telah membuat kesalahan-kesalahan bodoh, namun apabila kita memiliki iman yang sungguh-sungguh, maka Tuhan pun menyembuhkan kita, dan kita pun menjadi orang bebas sekali lagi.

Kita masing-masing memerlukan pertolongan dan kita pun perlu menolong orang-orang lain juga. Yesus menolong kita dengan cara-Nya: Dia memegang janji-Nya untuk mengampuni dan menyembuhkan kita dan membawa kita kepada status normal kembali. Namun Yesus juga menuntut, bahwa sebagai murid-murid-Nya, kita juga harus meneladan hidup-Nya dalam berurusan atau berelasi dengan orang-orang lain.

DOA: Yesus, kami percaya bahwa Engkau adalah Tuhan dan Juruselamat kami. Engkau juga adalah sang Dokter Agung yang senantiasa menyertai kami, karena Engkau adalah Imanuel. Berikanlah kepada kami kesembuhan lahir-batin, pengharapan dan kuat kuasa agar mampu melawan segala godaan Iblis agar dengan demikian kami tidak sampai jatuh ke dalam jerat dosa. Amin.

Catatan: Untuk mendalami Bacaan Injil hari ini (Luk 5:12-16), bacalah tulisan yang berjudul “YESUS DATANG KE TENGAH DUNIA DEGAN BELARASA DAN KASIH YANG BESAR” (bacaan tanggal 10-1-20) dalam situs/blog PAX ET BONUM http://catatanseorangofs.wordpress.com; kategori: 20-01 PERMENUNGAN ALKITABIAH JANUARI 2020. 

(Tulisan ini bersumberkan sebuah tulisan saya pada tahun 2014) 

Cilandak, 9 Januari 2020 

Sdr. F.X. Indrapradja, OFS